Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Karakteristik Kepribadian Big Five dan Body Dissatisfaction Yang Dimediasi Oleh Social Comparison Pada Individu Dewasa Awal

ABDULLAH FATHUR RASYID, - (2023) Hubungan Karakteristik Kepribadian Big Five dan Body Dissatisfaction Yang Dimediasi Oleh Social Comparison Pada Individu Dewasa Awal. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FATHUR LENGKAP ( Kecuali BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Body dissatisfaction berdampak serius terhadap kehidupan dan telah menjadi faktor penting munculnya beberapa permasalahan klinis lain. Penelitian ini menguji efek mediasi dari social comparison pada body dissatisfaction pada individu dewasa awal di Indonesia yang dihubungankan dengan karakteristik kepribadian big five. 532 dewasa awal menyelesaikan aitem untuk mengukur karakteristik kepribadian, social comparison, dan body dissatisfaction. Analisis mediasi berganda digunakan untuk memperkirakan efek total, indirect, dan direct diantara karakteristik kepribadiaan dan body dissatisfaction. Social comparison (upward dan downward) memediasi antara emotional stability dan body dissatisfaction. Lebih lanjut, Social comparison (downward) juga memediasi conscientiousness dan body dissatisfaction. Penelitian ini menjukkan bahwa upward comparison memberikan efek mediasi yang lebih besar dibandingkan downward comparison. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji efek dengan mengontrol variabel yang dicurigai berpengaruh terhadap body dissatisfaction. Kata kunci: emotional stability, conscientiousness, social comparison, body dissatisfaction, dewasa awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:11
Last Modified: 04 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72206

Actions (login required)

View Item View Item