Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTRIK TAFSIR SAINS DALAM SURAH AR-RAHMAN (Studi Analisis dan Komparasi Kitab Tafsir Tafsir Al-Kabir Mafatih Al-Ghaib dan Kitab Tafsir al-Jawahir Fi Tafsir al-Qur’an al-Karim)

M. SULTAN AMIRUDIN, - (2023) KARAKTERISTRIK TAFSIR SAINS DALAM SURAH AR-RAHMAN (Studi Analisis dan Komparasi Kitab Tafsir Tafsir Al-Kabir Mafatih Al-Ghaib dan Kitab Tafsir al-Jawahir Fi Tafsir al-Qur’an al-Karim). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
2. 2. TESIS SULTAN BAB IV SAJA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilmu tafsir merupakan kebutuhan yang menjadi titik perhatian umat karena keagungan yang dimilikinya. Ilmu tafsir juga mempelajari tentang corak penafsiran, corak atau aliran ialah arah penafsiran yang menjadi kecenderungan mufassir dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Corak tafsir ilmi adalah penafsiran al-Qur’an yang beraliran ilmiah, yang titik focus kajiannya di bidang ilmu pengetahuan umum, untuk menjelaskan makna ayat-ayat al-Qur’an, terutama berpada soal-soal alam atau pada ayat-ayat kauniyah. Pada surah ar-Rahman terdapat beberapa ayat yang membahas tentang alam atau disebut dengan ayat kauniyah. Kitab tafsir yang bercorak tafsir ilmi seperti karya Thanthawi Jauhari dan Fakhruddin ar-Razi sangat lugas menjelaskan ayat kauniyah pada surah ar-Rahman. Dengan demikian, penelitian ini akan menjawab beberapa persoalan, bagaimana penafsiran Thanthawi Jauhari dan Fakhruddin ar-Razi dalam menafsirkan ayat-ayat kauniyah pada surah ar-Rahman, faktor apa yang melatar belakangi Thanthawi Jauhari dan Fakhruddin ar-Razi dalam menafsirkan ayat-ayat kauniyah pada surah ar-Rahman, apa relevansi i’jaz ilmiah dalam surah ar-Rahman dengan penemuan ilmiah pada masa kontemporer, penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan metode analisis dan komparasi dengan pendekatan kualitatif, yang menjadikan kitab tafsir sebagai sumber primer, berbagai buku yang berkenaan tentang tafsir sains sebagai sumber sekunder. Akhirnya penulis menemukan bahwa surah ar-Rahman tidak hanya berkenaan dengan kebahagiaan atau nikmat Allah sebagaimana yang diketahui oleh orang-orang, padahal di dalam surah ar-Rahman juga terdapat 16 ayat kauniyah. Diantaranya membahas tentang matahari dan bulan yang terhitung, tumbuhan yang tunduk, langit yang ditinggikan, bumi yang diratakan, buah kurma, manusia dari tanah tembikar, dua lautan yang bertemu, mutiara dan marjan. Kata kunci: tafsir sains, ayat kauniyah, ar-Rahman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:04
Last Modified: 27 Jun 2023 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72182

Actions (login required)

View Item View Item