Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBACAAN SURAH YASIN PADA ACARA ADAT PENYERAHAN SEMBELIHAN DALAM TRADISI MELAYU PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN (KAJIAN LIVING QURAN)

MARIA ULFA RAHMAN, - (2023) PEMBACAAN SURAH YASIN PADA ACARA ADAT PENYERAHAN SEMBELIHAN DALAM TRADISI MELAYU PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN (KAJIAN LIVING QURAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Belakangan ini mulai berkembang kajian yang lebih menekankan kepada aspek respon masyarakat terhadap kehadiran al-Quran yang di sebut sebagai living quran (menghidupkan al-Quran). Salah satu wujud dari Living quran adalah kegiatan upacara adat dengan membaca Surah Yasin yang terjadi pada daerah Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembacaan surah yasin pada tradisi penyerahan sembelihan oleh masyarakat adat Melayu di Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dalam kajian Living Quran. Penelitian ini adalah penelitian kualititatif yang dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan wawancara kepada informan penelitian yang terdiri dari 1 orang Tokoh Masyarakat, 1 orang Tokoh Adat dan 1 orang Tokoh Agama. Penelitian ini dianalisis berdasarkan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Pelaksanaan pembacaan surah yasin pada tradisi penyerahan sembelihan oleh masyarakat adat Melayu di Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan didasarkan oleh kegiatan masyarakat dalam mengharapkan perlindungan dari Allah SWT dari bahaya bencana alam banjir, kejahatan jin dan manusia, serta hal lain yang membahayakan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 rangkaian acara yakni penyembelihan kambing yang selanjutnya dimasak dan disedekahkan kepada masyarakat. Selain itu adalah kegiatan pembacaan surah yasin, tahtim, tahlil, dan doa oleh Qadi yang diikuti bersama-sama masyarakat. Pandangan Tokoh Agama dan Msayrakat terhadap Pembacaan surah yasin pada tradisi penyerahan sembelihan oleh masyarakat adat Melayu di Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan adalah pandangan yang positif. Padangan tokoh agama menyatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan mampu mendekatkan masyrakat dengan Al-Quran. Selain itu adanya sedekah kambing akan menambah keberkahan dari kegiatan ini. Namun perlu diperhatikan agar adanya penjelasan dari tokoh agama kepada masyarakat agar mengetahui tujuan dari kegiatan dalam rangka mengharapkan perlindungan dari Allah dan mencegah kesyirikan. Sedangkan menurut tokoh masyarakat bahwa kegiatan ini sangat baik. Kata Kunci: Surah Yasin, Quran, Tokoh Agama dan Adat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:43
Last Modified: 27 Jun 2023 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72166

Actions (login required)

View Item View Item