Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI ANTAGONISME BERBAGAI UMUR INOKULUM Trichoderma harzianum Rifai TERHADAP Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) SECARA IN VITRO

ARIFAH ZAHRA TAUFIK, - (2023) UJI ANTAGONISME BERBAGAI UMUR INOKULUM Trichoderma harzianum Rifai TERHADAP Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

UJI ANTAGONISME BERBAGAI UMUR INOKULUM Trichoderma harzianum Rifai TERHADAP Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) SECARA IN VITRO Arifah Zahra Taufik (11980224277) Di bawah bimbingan Ahmad Taufiq Arminudin dan Irwan Taslapratama INTISARI Colletotrichum merupakan genus jamur penyebab penyakit antraknosa. Salah satu pengendaliannya ialah menggunakan agen hayati. T. harzianum merupakan agen hayati yang bersifat antagonis sehingga mampu menekan pertumbuhan patogen. Salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitasnya adalah umur inokulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur inokulum T. harzianum yang efektif dalam menghambat pertumbuhan C. gloeosporioides secara in vitro. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2022 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitaan ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan (kontrol, umur kultur 2 HSI, 4 HSI, 6 HSI dan 8 HSI) dengan 4 ulangan. Pengamatan yang dilakukan adalah karakteristik makroskopis, karakteristik mikroskopis, diameter koloni jamur dan persentase daya hambat T. harzianum terhadap pertumbuhan C. gloeosporioides. Hasil penelitian menunjukan bahwa umur kultur 8 HSI T. harzianum adalah paling efektif dalam menghambat pertumbuhan C. gloeosporioides sebesar 82,08%. Kata kunci: Antagonisme, T. harzianum, C. gloeosporioides.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:53
Last Modified: 27 Jun 2023 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72108

Actions (login required)

View Item View Item