APLIKASI PUTUSAN MAHKAMAH RENDAH SYARIAH GERIK PERAK TENTANG PEMBERIAN NAFKAH ‘IDDAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Muhammad Yasir Bin Abdullah, (2011) APLIKASI PUTUSAN MAHKAMAH RENDAH SYARIAH GERIK PERAK TENTANG PEMBERIAN NAFKAH ‘IDDAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201165.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

vi Penelitian ini berjudul “Aplikasi Putusan mahkamah Rendah Syariah Gerik Perak tentang Pemberian Nafkah ‘Iddah dalam Perspektif Hukum Islam”. Penelitian ini dilaksanakan sebagai syarat memperoleh gelar Sarjana Hukum Islam (SHI) tempat di mana penulis menimba ilmu pengetahuan di Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum UIN SUSKA Riau. Dalam Skipsi ini, penulis memaparkan tentang bentuk aplikasi putusan Mahkamah Rendah Syariah Gerik Perak tentang pemberian Nafkah ‘Iddah dan Sanksi terhadap yang tidak menunaikan kewajiban: selanjutnya dilakukan analisis hukum Islam terhadap fakta permasalahan tersebut. Di samping itu, permasalahan ini dibahas karena dari Salinan Putusan Mahkamah Rendah Syariah Gerik Perak tentang Nafkah ‘iddah istri, Hakim memutuskan besarnya hak ‘iddah yang wajib dibayar suami bersifat fluktuatif, meskipun kasus yang diadili sama. Di samping, peneliti ingin melihat apakah aplikasi putusan Mahkamah Rendah Syariah Gerik Perak tentang pemberian nafkah’iddah menemukan kendala-kendala dalam hal pelaksanaan dan sanksi terhadap suami yang tidak menunaikan kewajibanya. Oleh karenanya kami tertarik dan mengangkat permasalahan ini ke dalam bentuk karya ilmiah, guna melihat fakta permasalahn Nafkah ‘Iddah ini. Penelitian ini peneliti melakukan dengan mengunakan metode Random Samping, peneliti mengambil 20 % (30 perkara) daripada 147 perkara di Mahkamah Syariah Gerik sebagai jumlah sample dari populasi yang ada. Dari 30 orang jumlah sample tersebut terdiri atas suami istri yang bercerai pada tahun 2009. Hal ini merupakan sumber data yang bersifat primer. Adapun yang merupakan data dalam sekunder dalam penelitian ini adalah aparat setempat dan literature pustaka. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Angket, yang berisi item pertanyaan dan jawaban terhadap istri mengenai Aplikasi putusan Mahkamah Rendah Syariah Gerik Perak dan sanksi bagi yang tidak menunaikannya. Peneliti melakukan wawancara pihak yang bersangkutan antaranya suami dan istri serta pihak-pihak lain sebagai informasi antaranya Hakim, Penolong Pendaftar, Pembantu Takbir. Peneliti mengunakan juga dokumentasi yaitu peneliti mengambil data dari berbagai dokumen atau cacatan yang terkait dengan pemberian nafkah ‘iddah di Mahkamah Rendah Syariah. Studi kepustakaan, peneliti menelaah buku buku yang ada terkaitnya dengan persoalan yang di teliti. Setelah dilakukan analisis dengan hukum Islam, maka peneliti menyimpulkan aplikasi putusan Mahkamah Rendah Syariah Gerik Perak tentang pemberian nafkah ‘iddah suami terhadap istri sesuai hukum syara’ tetapi belum berjalan dengan semestinya dan tepat. Hal ini terlihat dari pelaksanaan dan pembayaran nafkah ‘iddah mantan suami terhadap istri tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 05:28
Last Modified: 12 Jan 2016 05:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item