Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

VIOLA KHASTURI, - (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIOLA KHASTURI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Viola Khasturi (2023): Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya bermunculan toko-toko virtual dalam dunia e-commerce membuat persaingan bisnis pun merambah ke dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media marketing dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau. Serta pengaruh social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel 86 responden dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrument data, uji asumsi klsik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh hasil regresi Y= 0,244 + 0,418X1 + 0,636X2. Nilai regresi X1 bernilai 0,418 dan X2 bernilai 0,636, yang artinya variabel X1 dan X2 mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Pada uji parsial atau uji t variabel X1 nilai t-hitung 10,756 > t-tabel 0,2120 dan variabel X2 nilai t-hitung 14,624 > t-tabel 0,2120. Dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil dari uji simultan atau uji F nilai Fhitung 497,749 > Ftabel 3,105, sehingga H0 ditolak dan H3 diterima. Sedangkan R Square sebesar 0,921 atau 92,1%, yang berarti variabel social media marketing dan brand image memberikan pengaruh sebesar 92,1% terhadap keputusan pembelian di tokopedia pada mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau. Sedangkan sisanya 7,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Ditinjau dari ekonomi syariah, pengaruh social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian di tokopedia sudah sesuai dengan syariat ekonomi syariah, hal ini karna tidak ada larangan dalam pemasaran syariah yang dilakukan Tokopedia. Tidak terdapat konten porno, bohong, gharar, maisir dan promosi produk haram. Sedangkan brand image dalam perspektif ekonomi syariah yang terbentuk di tokopedia terjadi karna terpercaya (amanah), tanggung jawab (tabligh) dan benar (shiddiq). Keputusan pembelian yang dilakukan mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau, mereka cendrung lebih memperhatikan kehalalan sebuah produk, serta daya guna sebuah produk. Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:55
Last Modified: 26 Jun 2023 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72088

Actions (login required)

View Item View Item