Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MODERASI BERAGAMA ANAK USIA DINI DI PAUD IHSAN FIKRI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

SITI RISDA SAKILA, - (2023) KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MODERASI BERAGAMA ANAK USIA DINI DI PAUD IHSAN FIKRI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Risda Sakila : Keterampilan Guru Menggunakan Media Pop Up Book (2023) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Moderasi Beragama Anak Usia Dini di PAUD Ihsan Fikri Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Moderasi beragama merupakan isu besar dan sentral penelitian saat ini, apalagi jika dikaitkan dengan faktor guru, anak usia dini dan media pendidikan di dalam konteks pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru menggunakan media pembelajaran pop up book dalam rangka meningkatkan pengetahuan moderasi beragama anak usia dini di PAUD Ihsan Fikri Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, subyek penelitiannya adalah guru, sementara obyeknya adalah anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi dan instrumen dokumentasi, sedangkan teknik analisa datanya memanfaatkan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru telah sangat terampil menggunakan media pembelajaran pop up book dalam menampilkan materi moderasi beragama, data rekapitulasinya tercatat (85,3) persen. Sementara bila ditinjau dari posisi anak usia dini, telah pun terjadi peningkatan luar biasa pengetahuan moderasi beragama, terutama bila ditinjau dari aspek mencintai tanah air/komitmen kebangsaan atau nasionalisme, aspek pokok atau utama moderasi beragama, aspek toleransi anak usia dini penguat moderasi, aspek perilaku menolak radikalisme atau anti kekerasan, dan terakhir, yaitu aspek akomodatif terhadap budaya lokal. Data rekapitulasinya membuktikan (87,1) persen peningkatannya, akibat digunakannya media pembelajaran pop up book secara efektif dan sangat terampil oleh para guru di PAUD Ihsan Fikri tersebut. Kata Kunci : Keterampilan, Media Pop Up book, Moderasi Beragama, Pengetahuan, Peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:20
Last Modified: 26 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72087

Actions (login required)

View Item View Item