Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV MI ISTIQOMAH PEKANBARU

RODIATUN, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV MI ISTIQOMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RODIATUN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rodiatun (2023): Penerapan Model Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV di MI Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalu model rotating trio exchange pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di MI Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjek nya adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah Model rotating trio exchange dan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, Tes dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model rotating trio exchange, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 44,8 dengan kategori cukup kritis, setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 68,5 dengan kategori kritis, dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 89 dengan kategori sangat kritis. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model rotating trio exchange dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Rotating Trio Exchange, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jun 2023 05:22
Last Modified: 26 Jun 2023 05:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72082

Actions (login required)

View Item View Item