Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

FAUZIAH, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAUZIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fauziah, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Square untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan model pembelajaran think pair square yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 13,63% siswa berada pada kategori baik, 22,72% siswa berada pada kategori cukup, 36,36% siswa berada pada kategori kurang, 27,27% siswa berada pada kategori sangat kurang, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan 47,15. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran think pair square pada siklus I, kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat, dimana 18,18% siswa berada pada kategori sangat baik, 40,90% siswa berada pada kategori baik, 13,63% siswa berada pada kategori cukup, 27,27% siswa berada pada kategori kurang, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I 68,18. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 31,81% siswa berada pada kategori sangat baik, 45,45% siswa berada pada kategori baik, 4,54% siswa berada pada kategori cukup, 18,18% siswa berada pada kategori kurang, dan ratarata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus II 76,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair square dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Pembelajaran think pair square dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu: siswa dibagi dalam kelompok berempat dan mendapatkan tugas pemecahan masalah, setiap siswa memikirkan dan mengerjakan tugas secara individu, siswa berdiskusi berpasangan dengan salah satu rekan dalam kelompok, dan kedua pasangan bertemu kembali untuk mendiskusikan hasil kerja. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Square, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:20
Last Modified: 26 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72075

Actions (login required)

View Item View Item