Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA'AN FARAH SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (Sebuah Pendekatan Mimetik)

PUTRI NOPA LESTARI, - (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA'AN FARAH SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (Sebuah Pendekatan Mimetik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BBA IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

PUTRI NOPA LESTARI (2023) : ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA'AN FARAH SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (Sebuah Pendekatan Mimetik) Penelitian ini berjudul Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Dikta & Hukum karya Dhia`an Farah Serta Relevansinya pada Pembelajaran Sastra Di SMA (Sebuah Pendekatan Mimetik). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah perlunya menanamkan kembali kepada siswa dan siswi pentingnya pendidikan karakter, yang tergambar dalam novel Dikta dan Hukum karya Dhiaan Farah dengan menggunakan pendekatan mimetik. Melalui pendekatan tersebut dikumpulkan data-data yang ditemukan dalam kutipan teks dari Novel Dikta dan Hukum karya Dhiaan Farah dengan menggunakan pendekatan mimetik kemudian dilihat apakah sesuai dengan realitas yang ada di kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai ppendidikan karakter dalam novel Dikta & Hukum karya Dhia'an Farah melalui pendekatan mimetik dan relevansinya pada pembelajaran sastra SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Dikta & Hukum karya Dhia'an Farah, terbitan Asoka Aksara x Loveable di Jakarta, 2021, 388 halaman. Data dianalisis melalui metode Deskriptif Kualitatif. Hasil pembahasan analisis nilai pendidikan karakter dalam novel Dikta & Hukum karya Dhi`an Farah terdapat 35 data mengenai nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter yang dianalisis yaitu religius 12 data, jujur 4 data, kerja keras 3 data, Mandiri 4 data, bersahabat/komunikatif 4 data, gemar membaca 3 data dan peduli sosial 5 data. Kemudian analisis nilai pendidikan karakter dalam novel Dikta & Hukum Karya Dhia`an Farah memiliki keterkaitan dengan pembelajaran sastra di SMA seperti dalam silabus 3.9. mengidentifikasi butir-butir penting dari buku non fiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. Kata Kunci: Pendekatan Mimetik, Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Relevansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:46
Last Modified: 23 Jun 2023 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72039

Actions (login required)

View Item View Item