Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAJIAN MAKNA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PADA SINETRON “CATATAN HATI SEORANG ISTRI” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

ALLATIFUL IZMI PRAJA, - (2023) KAJIAN MAKNA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PADA SINETRON “CATATAN HATI SEORANG ISTRI” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Allatiful Izmi Praja Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Kajian Makna Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Sinetron “Catatan Hati Seorang Istri” (Analisis Semiotika Roland Barthes) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi kekerasan dalam rumah tangga melalui tanda-tanda yang terkandung dalam Sinetron Catatan Hati Seorang Istri menurut pendekatan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Objek penelitian yang di pilih dalam Sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Teknik pengumpulan yang digunakan dokumentasi dan observasi pengamatan Sinetron yang terkandung dalam Sinetron Catatan Hati Seorang Istri berdasarkan landasan teori yang ada. Analisis data menggunakan metode model analisis semiotika Roland Barthes yang terdiri atas penanda, petanda, makna denotatif, makna konotatif, dan mitos yang ditarik berdasarkan teori dari adegan dan shot yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kajian yang tergambarkan dalam Sinetron Catatan Hati Seorang Istri yaitu penyebab terjadinya KDRT, penyebab terus terjadinya KDRT, dan bentuk-bentuk KDRT. Dalam beberapa kasus yang telah terjadi tersebut, dijelaskan bahwa wanita selalu menjadi korban kekerasan, baik di dalam berumah tangga maupun kehidupan sehari-hari. Kekerasan yang dialami wanita tersebut beragam. Kekerasan tersebut juga terjadi secara masiv bukan hanya terjadi di pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk terpadat di Indonesia, tetapi juga hampir di seluruh Indonesia. Kata Kunci: Analisis Semiotika, KDRT, Catatan Hati Seorang Istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:43
Last Modified: 23 Jun 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72036

Actions (login required)

View Item View Item