Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Disiplin siswa dalam belajar bahasa Inggris; analisis gender dan jurusan di madrasah aliyah

Zulhidah, - and Yasnel, - and Syafrida and Fitra Herlinda, - (2023) Disiplin siswa dalam belajar bahasa Inggris; analisis gender dan jurusan di madrasah aliyah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9 (1). pp. 26-33. ISSN ISSN: 2502-8103 (Print) ISSN: 2477-8524 (Electronic)

[img]
Preview
Text
2723-7738-1-PB (1).pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi disiplin siswa dalam belajar Bahasa Inggris berdasarkan gender, kelas dan jurusan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik strata random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 313 siswa (laki-laki = 141; perempuan = 172) Madrasah Aliyah di Kota Pekanbaru, siswa yang menjadi sampel penelitian ini terdiri dari berbegai tingkatan, mulai dari kelas X sampai XII. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala disiplin dengan nilai Cronbach's Alpha 0.865 (terdiri dari 52 item). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan perangkat lunak JASP. Temuan pada penelitian ini menunjukkan disiplin siswa Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru rata-rata berada pada kategori tinggi dengan nilai 65.5% artinya siswa Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru berada pada tingkat disiplin yang tinggi khususnya dalam belajar Bahasa Inggris. Temuan lainnya, siswa perempuan dari jurusan IPA memiliki nilai disiplin belajar Bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan ataupun laki-laki jurusan IPS, maupun dari kelas X dan XI (IPA dan IPS).

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:11
Last Modified: 22 Jun 2023 09:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72012

Actions (login required)

View Item View Item