Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI KOTA PEKANBARU

Hafid Aldi, Hafid (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Dalam upaya perlindunngan anak dan untuk mengurangi tindakan kekerasan terhadap anak, terutama di dunia pendidikan,maka diwujudkan program pendidikan Sekolah Ramah Anak (SRA). Program Sekolah Ramah Anak bertujuan untuk memenuhi,menjamin hak anak sekaligus memastikan bahwa satuan pendidikan mengembangkan minat,bakat dan kemampuan anak serta bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunkasi Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dalam mensosialisasikan Program Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru melakukan penelitian dengan dibentuk tim riset atau manajemen dalam pelaksanaan program tersebut yaitu Bidang Pendidikan Non Formal dan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru melakukan kerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bandung. Dalam melakukan perumusan strategi dan perencanaan ada 3 Strategi 3 konsep yaitu menentukan khalayak dengan melakukan survey kelapangan, menentukan narasumber berdasarkan kerakteristik audiens dan menyusun Pesan. Dan untuk implementasi strategi atau pelaksanakan sosialisasi SRA, Dinas pendidikan Kota Pekanbaru melakukan dengan dua cara yaitu melalui sosialisasi di lapangan (seminar) dan sosialisasi melalui media social (Whatsapp) dalam bentuk pembuatan grup SRA yang beranggotan perwakilan dari setiap PAUD Se-Kecamatan di kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Sosialisasi, SRA
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:10
Last Modified: 27 Jun 2023 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71952

Actions (login required)

View Item View Item