Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Penggunaan Aplikasi Gopaylater Di Gojek Untuk Berbelanja Ditinjau Dari Fiqih Muamalah” (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau)”

Ajeng Tri Mei Lani, - (2023) “Penggunaan Aplikasi Gopaylater Di Gojek Untuk Berbelanja Ditinjau Dari Fiqih Muamalah” (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ajeng Tri Mei Lani, (2023): “Penggunaan Aplikasi Gopaylater Di Gojek Untuk Berbelanja Ditinjau Dari Fiqih Muamalah” (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau)” Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh para mahasiswa yang bertransaksi menggunakan fitur GoPaylater pada aplikasi Gojek yang dimana fitur tersebut memperbolehkan penggunanya bertransaksi terlebih dahulu dan membayarnya belakangan yang menyebabkan utang piutang (qardh) dan adanya unsur riba didalamnya dikarenakan adanya biaya-biaya tambahan yang dikenakan kepada setiap pengguna yang terlambat membayar tagihannya dan juga adanya biaya tambahan saat menggunakan fitur tersebut setiap bulannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktek transaksi GoPaylater pada aplikasi Gojek oleh mahasiswa dan Bagaimana Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap transaksi GoPaylater pada aplikasi Gojek pada mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan fitur GoPaylater pada aplikasi Gojek untuk berbelanja pada mahasiswa dan Untuk memahami tinjauan Fiqh Muamalah terhadap transaksi GoPaylater pada aplikasi Gojek pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pengambilan Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling ialah teknik mengambil informan atau narasumber dengan kriteria tertentu sesuai dengan tema penelitian karna orang tersebut dianggap memiliki informasi yang diperlukan bagi penelitian. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, metode interview (wawancara) dan dokumentasi. Adapun metode penulisan menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan GoPaylater pada aplikasi Gojek termasuk transaksi yang diperbolehkan dilakukan dan jika ditinjau secara Fiqih Muamalah dari segi qardh diperbolehkan dengan syarat penggunanya menbayarkan tagihannya sesuai dengan tanggal jatuh tempo sehingga tidak terkena denda yang menyebabkan adanya unsur riba didalamnya, denda yang diberikan termasuk sanksi yang diberikan pihak Gojek kepada pengguna GoPaylater dan dari segi ijarah diperbolehkan karena pengguna membayar biaya tambahan aplikasi guna menggunakan fitur yang ada didalam aplikasi Gojek, biaya tambahan aplikasi dikenakan selama pengguna menggunakan fitur GoPaylater yang ada didalam aplikasi Gojek. Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Ijarah, Gojek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:36
Last Modified: 23 Jun 2023 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71938

Actions (login required)

View Item View Item