PENYELESAIAN TALAK DI LUAR MAHKAMAH SYARIAH SERI MANJUNG PERAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Siti Nazirah Binti Zakaria, (2011) PENYELESAIAN TALAK DI LUAR MAHKAMAH SYARIAH SERI MANJUNG PERAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201154.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi ini berjudul adalah “ Penyelesaian Talak di Luar Mahkamah Menurut Perspektif Hukum Islam ( Studi Kasus di Mahkamah Seri Daerah Seri Manjung, Negeri Perak, Malaysia )”. Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana prosedur talak di luar Mahkamah Syariah Seri Manjung dan bagaimana penyelesaian talak di luar Mahkamah Syariah Seri Manjung dalam perspektif hukum Islam. Penelitian ini dilaksanakan di Mahkamah Syariah Seri Manjung Perak karena Lokasi ini mudah dijangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk, prosedur dan penyelesaian talak di luar Mahkamah Syariah Seri Manjung (Perak) dalam perspektif hukum Islam. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan bahan analisis. Data-data yang terkumpul tersebut bersumber kepada data primer yaitu data-data yang peneliti perolehi dari lapangan dan data skunder yaitu data-data yang diperolehi dari buku-buku bacaan yang mempunyai hubungan dengan masalah yang diteliti. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif. Setelah peneliti melakukan penelitian, maka dapat diketahui dalam perspektif hukum Islam bahwa, walaupun talak itu sah saja dilafazkan di luar mahkamah atau di rumah, namun untuk menjaga agar suami jangan seenaknya saja melafazkan kata talak sesuka hati maka selain mematuhi seluruh syariat Islam, seorang muslim juga diharuskan menghormati Undang-undang dan Peraturan Negara di mana ia berdomisili, maka ia wajib mematuhinya dan jangan sampai melanggar peraturan yang ada untuk mengfungsikan lembaga peradilan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 05:25
Last Modified: 12 Jan 2016 05:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item