Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI INOVASI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA PEKANBARU

MOHD. ABD. ARIF, - (2023) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI INOVASI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Mohd Abd Arif (2023) : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Inovasi Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi dengan kehadiran produk dan layanan Bank Syariah Indonesia sebagai inovasi produk dan layanan perbankan di tanah air, lebih lanjut dengan strategi dan implementasi inovasi Bank Syariah Indonesia kearah digitalisasi perbankan syariah pasca pandemi COVID19. Kinerja Bank Syariah Indonesia tahun 2022 dengan pertumbuhan aset, pembiayaan dan dana pihak ketiga, serta aspek kinerja lainnya dari Bank Syariah Indonesia secara menyeluruh, terbukti belum maksimal dalam mendongkrak pangsa pasar perbankan syariah di tanah air yang baru mencapai 7,03% pada tahun 2022 lalu, meskipun mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan paling besar di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi adopsi inovasi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui platform digital google form yang diolah dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Adopsi Inovasi dilihat dari beberapa aspek atribut dari inovasi seperti compatibility, complexity, relative advantage dan dua aspek lainnya diluar atribut karanteristik inovasi yaitu awareness dan religiosity. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sampel sebanyak 400 orang dengan Teknik cluster random sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) awareness (2) compatibility (3) complexity, (4) relative advantage, dan (5) religiosity nasabah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi inovasi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru. Secara simultan aspek tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah yaitu sebesar 54,6% Sehingga dapat simpulkan bahwa secara persial dan simultan seluruh variabel yang diteliti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi inovasi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Bank Syariah Indonesia, Adopsi Inovasi, Awareness, Compatibiliy, Complexity, Relative Advantage, Religiosity

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:15
Last Modified: 21 Jun 2023 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71876

Actions (login required)

View Item View Item