Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Clustering Dalam Pengelompokan Kasus Perceraian Pada Pengadilan Agama di Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Medoids

Satria Bumartaduri and Siska Kurnia Gusti, - (2023) Penerapan Metode Clustering Dalam Pengelompokan Kasus Perceraian Pada Pengadilan Agama di Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Medoids. JURNAL RISET KOMPUTER, 10 (1). pp. 257-265. ISSN e-ISSN 2715-7393 (Media Online), p-ISSN 2407-389X (Media Cetak)

[img]
Preview
Text
Jurnal Nas Terakreditasi (x).pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Perceraian adalah putusnya hubungan suami istri dari suatu pernikahan. Ketika pasangan tidak ingin melanjutkan hubungan pernikahannya, salah satu faktor penyebab perceraian adalah suami istri tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Kasus perceraian ini juga terjadi di kota Pekanbaru dan mengalami peningkatan dari tahun 2020 hingga tahun 2022. Berkaitan dengan masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan mengelompokkan kecamatan di Pekanbaru yang paling banyak terjadi perceraian. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah K-Medoids Clustering, karena metode ini dapat membagi suatu dataset menjadi beberapa kelompok. Adapun keunggulan metode ini adalah dapat mengatasi kelemahan pada algoritma K-Means yang sensitif terhadap outlier. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Davies Bouldin Index pada tools RapidMiner untuk memastikan akurasi cluster. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah wilayah/kabupaten, perbedaan usia pasangan, pendidikan penggugat dan tergugat, dan alasan perceraian. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi pemerintah untuk menekan angka perceraian di kota Pekanbaru sehingga dapat dikembangkan program yang tepat untuk setiap kecamatan dalam mengatasi angka perceraian di Pekanbaru. Dari pengujian menggunakan algoritma K-Medoids menunjukkan hasil cluster yang diperoleh bahwa angka perceraian tertinggi terdapat pada cluster 1 sebanyak 565 item, sedangkan cluster 2 sebanyak 395 item dan cluster 3 sebanyak 288 item. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan 3 cluster menjadi cluster terbaik dengan nilai DBI-nya yaitu 0.884.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:21
Last Modified: 20 Jun 2023 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71805

Actions (login required)

View Item View Item