Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPS di Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru.

Azillah, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPS di Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Azillah, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPS di Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPS melalui penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe team game tournamen di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat, bertanya, menjawab pertanyan, dan mempertahankan pendapat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe team game tournamen dan sikap percaya diri siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournamen dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum tindakan perbaikan, sikap percaya diri siswa persentasenya 55,83 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai persentase siswa meningkat menjadi 66,97 dengan kategori cukup dan Pada siklus II meningkat kembali menjadi 81,66 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournamen dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Game Tournament, Sikap Percaya Dir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:55
Last Modified: 21 Jun 2023 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71791

Actions (login required)

View Item View Item