Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA MASJID AR-RAHMAN DESA ALAI KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Riska Euro Julita, - (2023) PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA MASJID AR-RAHMAN DESA ALAI KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV RISKA EURO JULITA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV RISKA EURO JULITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

ABSTRAK Riska Euro Julita (2023): Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Organisasi Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Masjid Ar-Rahman Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya penurunan perilaku keagamaan remaja yang berada di Desa Alai yaitu berkurangnya intensitas remaja terhadap kegiatan keagamaan, dimana remaja lebih asik mengikuti kegiatan yang kurang bermanfaat bagi merekaseperti menghabiskan waktunya hanya untuk ikutan balapan liar, ikut tawuran, serta lebih memilih untuk main game daripada ikut dalam kegiatan keagamaan. Maka dari itu, diperlukannya kegiatan organisasi remaja masjid untuk menanamkan nilai keagamaan pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari intensitas mengikuti kegiatan organisasi terhadap perilaku keagamaan remaja masjid di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sebanyak 47 orang. Sampel yang digunakan dengan teknik sumpling jenuh atau sampling total, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 47 orang yang diambil dari keseluruhan populasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan intensitas mengikuti kegiatan organisasi terhadap perilaku keagamaan Remaja Masjid Ar-Rahman di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti dengan dengan nilai F hitung 83,841 > F tabel 4,057, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,651 atau 65,1%. Berdasarkan hasil tersebut terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 65,1% variabel X (intensitas mengikuti kegiatan organisasi) terhadap variabel Y (perilaku keagamaan)sedangkan 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Intensitas, Kegiatan Organisasi, Perilaku Keagamaan, Remaja Masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:14
Last Modified: 21 Jun 2023 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71783

Actions (login required)

View Item View Item