Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LITURGI GEREJA HKBP (HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN) STUDI KASUS FUNGSI BUKU ENDE DALAM LITURGI GEREJA HKBP INDRAPURA DESA BATANG BATINTIH KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

INTEN NUGRAHAINI, - (2023) LITURGI GEREJA HKBP (HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN) STUDI KASUS FUNGSI BUKU ENDE DALAM LITURGI GEREJA HKBP INDRAPURA DESA BATANG BATINTIH KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL KECUALI BAB IV INTEN NUGRAHAINI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV INTEN NUGRAHAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas Nyanyian dalam Liturgi Gereja HKBP Indrapura Desa Batang Batindih Kecamtan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar". Fokus kajian dalam penelitian ini yakni pemakaian Nyanyian Buku Ende sesuai dengan Liturgi Gereja HKBP Indrapura dan bagaimana Fungsi Nyanyian Buku Ende di dalam Liturgi Gereja HKBP Indrapura. Maka dari pada itu Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lokasi yang ditentukan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik kepustakaan (library research). Dari analisis data, diperoleh hasil bahwa lagu yang dinyanyikan mengandung muatan teologia dimana Liturgi dalam Buku Ende membangun spritual dari jemaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Liturgi Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Studi Kasus fungsi Nyanyian Buku Ende HKBP Indrapura. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dimana dalam setiap ibadah Gereja HKBP selalu sarat akan nyanyian-nyanyian pujian oleh jemaat dengan menggunakan sebuah kidung pujian yaitu Buku Ende. Setiap kidung pujian yang terdapat dalam Buku Ende memiliki tema dan makna teologis tersendiri sehingga kidung yang digunakan juga selalu disesuaikan dengan tema di setiap ibadah Gereja. Buku ende ini juga memenuhi prinsip teologis akan liturgi yaitu nyanyian Koor dalam rangka memberitakan Firman Tuhan sehingga pemberitaan keselamatan juga diberitakan melalui musik dan nyanyian. Menyadari pentingnya penggunaan Buku Ende ini dalam tiap ibadah Gereja HKBP, maka peneliti memandang perlu untuk mengkaji lebih dalam lagi mengenai Liturgi Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Studi Kasus fungsi Nyanyian Buku Ende HKBP Indrapura. Kata Kunci: HKBP Indrapura, Buku Ende dan Fungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:12
Last Modified: 21 Jun 2023 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71781

Actions (login required)

View Item View Item