Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUHlPENERAPAN MODELlPEMBELAJARANlLEARNING CYCLEl5E TERHADAPlKETERAMPILAN BERPIKIRlKRITIS SISWAlPADA MATERIlTATAlSURYA

AMARA JULIANTIKA, - (2023) PENGARUHlPENERAPAN MODELlPEMBELAJARANlLEARNING CYCLEl5E TERHADAPlKETERAMPILAN BERPIKIRlKRITIS SISWAlPADA MATERIlTATAlSURYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Amara Juliantika (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Tata Surya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTs Darul Hikmah Pekanbaru masih bersifat teacher centered sehingga belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran untuk lebih mengembangkan pengetahuannya hal ini dapat menyebabkan kurang terlatihnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group yaitu melibatkan satu kelas eksperiment dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru dengan pemilihan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E kemudian kelas VII D sebagai kelas kontol yang mendapatkan penerapan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan test tertulis pretest dan posttest, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji mann-whitney dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf sig. Α sebesar 0.05 (0.000 < 0.05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Tata Surya. Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Berpikir Kritis, Sistem Tata Surya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:37
Last Modified: 21 Jun 2023 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71777

Actions (login required)

View Item View Item