Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA SUAMI TUNANETRA DALAM MENJALANI SERTA MEMPERTAHANKAN KEHIDUPAN RUMAH TANGGA MENURUT HUKUM ISLAM DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

ABDUL RAHMAN AZIZ HRP, - (2023) UPAYA SUAMI TUNANETRA DALAM MENJALANI SERTA MEMPERTAHANKAN KEHIDUPAN RUMAH TANGGA MENURUT HUKUM ISLAM DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Rahman Aziz HRP (2023): Upaya Suami Tunanetra dalam Menjalani Serta Mempertahankan Kehidupan Rumah Tangga Menurut Hukum Islam di Kecamtan Tampan Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi dari sebuah keluarga tunanetra yang mempertahankan keutuhan rumah tangga sakinah, karena walaupun pada dasarnya peningkatan percerian karena tidak memenuhi beberapa aspek kebutuhan ekonomi yang memadai diakibatkan tidak memiliki kesempurnaan fisik. Oleh karena itu di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru beberapa pasangan tunanetra mampu menjalankan kehidupannya sama halnya dengan masayarakat pada umumnya, salah satu contohnya suami tunanetra menjalin komunikasi yang baik serta saling memahami kondisi pasangan satu dengan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya yang dilakukan suami tunanetra dalam menjalin serta mempertahankan kehidupan rumah tangga di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sesuai dengan hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitaif yang mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, populasi dan sampel serta memperkuat dari informan kreteria yang dipilih yaitu pasangan tunanetra. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan metode penelitian observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan pengumpulan data secara deskriptis kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan pasangan tunanetra mampu mewujudkan dan mempertahankan keluarga sesuai dengan hukum Islam, walaupun beberapa yang lain tidak mampu untuk bertahan lebih lama dan mengakibatkan perceraian, dijumpai dari hasil penelitian penulis di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru suami tunanetra mampu untuk menjalin komunikasi yang baik dan mampu menjalani serta mempertahankan keluarga sesuai dengan hukum Islam. Kata kunci: Tunanetra, Rumah Tangga, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:56
Last Modified: 20 Jun 2023 08:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71755

Actions (login required)

View Item View Item