Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

NANDA OKVINI, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nanda Okvini, (2023) : Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Round Robin untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode pembelajaran kooperatif tipe round robin kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa karena masih banyak siswa yang belum mampu menyampaikan pesan dan berbagi informasi terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 26 orang siswa dan objeknya adalah metode pembelajaran kooperatif tipe round robin dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode pembelajaran kooperatif tipe round robin, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai 52,40 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 77,52 dengan kategori cukup, dan pada siklus II keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 85,69 dengan kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa mata pelajaran tematik pada muatan ilmu pengetahuan sosial kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif tipe round robin, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:43
Last Modified: 20 Jun 2023 08:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71737

Actions (login required)

View Item View Item