Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KESEIMBANGAN KEHIDUPAN-KERJA (WORK-LIFE BALANCE) TERHADAP KARAKTERISTIK PEKERJAAN PEGAWAI DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II PEKANBARU

Novia Wulandari, Novia (2023) PENGARUH KESEIMBANGAN KEHIDUPAN-KERJA (WORK-LIFE BALANCE) TERHADAP KARAKTERISTIK PEKERJAAN PEGAWAI DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sifat dan tugas pegawai meliputi tanggung jawab, jenis tugas, dan tingkat kepuasan yang merupakan bagian dari karakteristik pekerjaan. Sehingga pihak lembaga perlu memperhatikan keseimbangan dari kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi pegawai. Bahwa tanpa karakteristik pekerjaan pegawai maka lembaga tidak akan berhasil mencapai tujuan yang telah dibuat. Maka dari itu dengan adanya karakteristik pekerjaan pada pegawai serta keseimbangan kehidupan kerja dari pegawai dapat membantu pegawai merasa seimbang dalam membagi waktu untuk kehidupan kerja dan kehidupan pribadinya. Untuk mengetahui pengaruh Keseimbangan Kehidupan-Kerja (Work-Life Balance) terhadap Karakteristik Pekerjaan Pegawai di Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru, penelitian ini perlu dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif analisis data statistic yang bersifat regresi yaitu mencari regresi antar variabel. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu (64 orang responden) dari jumlah pegawai Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan menyebarkan kuesioner. Analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara keseimbangan kehidupan kerja (work life balance) terhadap karakteristik pekerjaan pegawai di Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru. Pada nilai R Square (0.728) yang menunjukkan Pengaruh sebesar (73%), adapun sisanya (27%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Selain itu, nilai t hitung sebesar (12.890) dengan nilai siginifan (0,000) yang signifikansinya lebih kecil dari (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh keseimbangan kehidupan kerja (work life balance) terhadap karakteristik pekerjaan pegawai di Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Kehidupan-Kerja (Work- Life Balance, Karakterisik Pekerjaan Pegawai
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:43
Last Modified: 21 Jun 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71735

Actions (login required)

View Item View Item