Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa

Amalia Munawaroh, - (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Amalia Munawaroh (2023) : Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi abad 21 yang sangat dibutuhkan dan perlu ditingkatkan. Model discovery learning merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 pada kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tualang dengan materi asam basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest, non-equivalent control grup design. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tualang. Sampel penelitian berjumlah masing-masing 31 orang siswa pada kelas kontrol maupun eksperimen, pada kelas eksperimen diberikan perlakukan khusus berupa model discovery learning. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes uraian sebanyak 11 soal dengan pengolahan data menggunakan uji t dan uji Kp. Untuk uji t diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh berupa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning pada materi asam basa dengan koefisien pengaruh sebesar 10,3 %. Kata Kunci : Pengaruh, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:43
Last Modified: 23 Jun 2023 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71637

Actions (login required)

View Item View Item