Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LABEL HALAL UMKM DAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI KABUPATEN SIAK

RAHMAWATI, - (2023) PENGARUH LABEL HALAL UMKM DAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI KABUPATEN SIAK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati 2023 : Pengaruh Label Halal UMKM dan Penggunaan Digital Marketing terhadap Pengembangan Pariwisata Halal di Kabupaten Siak. Masifnya pertumbuhan populasi muslim dunia pada beberapa dekade terakhir, menjadi segmen yang tren di pasar global. Sehingga perkembangan industri halal juga ikut berevolusi. Indonesia juga mendapatkan prestasi pertama dilevel Internasional destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) yang diumumkan oleh Mastercard-Crescent Rating. Indonesia berpeluang besar dalam pengembangan potensi halal lifestyle namun belum teroptimalkan dengan baik. Pariwisata halal merupakan segmen yang sedang berkembang dalam industri pariwisata, di mana wisatawan muslim mencari destinasi yang memenuhi persyaratan halal dalam makanan, akomodasi, dan aktivitas wisata. UMKM yang memiliki label halal dapat memberikan kepercayaan kepada wisatawan muslim bahwa produk dan layanan yang disediakan sesuai dengan prinsip halal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh label halal UMKM terhadap pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak, pengaruh penggunaan digital marketing terhadap pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak, dan untuk mengetahui pengaruh label halal UMKM dan penggunaan digital marketing terhadap pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak. Lokasi penelitian yaitu berlokasi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berlabel Halal di Kabupaten Siak berjumlah 108 UMKM berlabel halal dengan teknik Random Sampling (pemilihan sampel yang didasarkan kepada pengambilan secara acak). Sehingga keseluruhan sampel berjumlah 85 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi smartPLS (Partial Least Squares) versi 4.0. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, pengaruh label halal UMKM terhadap pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak yaitu label halal UMKM berpengaruh positif dan signifikan terahadap pengembangan pariwisata halal. Pengaruh penggunaan digital marketing terhadap pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak yaitu digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terahadap pengembangan pariwisata halal. Pengaruh label halal UMKM dan penggunaan digital marketing terhadap pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak yaitu label halal UMKM dan penggunaan Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan pariwisata Halal. Hal ini terbukti dengan diketahui karena t statistik 4.152 pada label halal dan karena t statistik 3.810 pada digital marketing > t tabel 1.96 maka disimpulkan bahwa label halal dan digital marketing berpengaruh signifikan terahadap pengembangan pariwisata halal di kabupaten Siak. Kata Kunci : Label Halal, Digital Marketing, Pariwisata halal, UMKM, Kabupaten Siak

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:29
Last Modified: 16 Jun 2023 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71632

Actions (login required)

View Item View Item