Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTEK PENGUPAHAN BELAH CUNGKIL KELAPA DENGAN SISTEM KARUNGAN PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Pada UD Kelapa Taher Di Desa Sanglar Baru Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir)

HERLINA ROSNITA, - (2023) PRAKTEK PENGUPAHAN BELAH CUNGKIL KELAPA DENGAN SISTEM KARUNGAN PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Pada UD Kelapa Taher Di Desa Sanglar Baru Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HERLINA ROSNITA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Herlina Rosnita, (2023): Praktek Pengupahan Belah Cungkil Kelapa Dengan Sistem Karungan Perspektif Fiqih Muamalah (Studi pada UD Kelapa Taher di Desa Sanglar Baru Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir) Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan masyarakat di desa Sanglar Baru yang melakukan praktek pengupahan belah cungkil kelapa dengan sistem karungan pada UD kelapa taher kurang jelas dalam menggunakan akad yaitu ketidaksesuaian yang dijanjikan dengan yang di praktekkan sehingga mengandung unsur gharar (Ketidakjelasan) didalamnya, tetapi praktek pengupahannya tetap berlanjut. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktek pengupahan belah cungkil kelapa dengan sistem karungan studi pada UD Kelapa Taher di desa Sanglar Baru kecamatan Reteh kabupaten Indragiri Hilir dan bagaimana perspektif fiqih muamalah terhadap pengupahan belah cungkil kelapa dengan sistem karunganpada UD Kelapa Taher di desa Sanglar Baru kecamatan Reteh kabupaten Indragiri Hilir.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktek pengupahan belah cungkil kelapa dengan sistem karungan pada UD Kelapa Taher di desa Sanglar Baru kecamatan Reteh kabupaten Indragiri Hilir dan perspektiffiqih muamalah terhadap praktek pengupahan belah cungkil kelapa dengan sistem karunganpada UD Kelapa Taher di desa Sanglar Baru kecamatan Reteh kabupaten Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini termasuk sosiologis hukum Islam yang dilakukan dengan metode penelitian di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha dan pekerja.Populasi dalam penelitian adalah 20 orang terdiri dari 1 pemilik usaha 19 orang pekerja. Dalam hal ini penulis perlu mengambil sampel karena tidak semua populasi dapat memahami atau bisa dijadikan sampel. yaitumenggunakan teknik purposive sampling sebanyak 1 pemilik usaha dan 12 pekerja. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,angket, dan dokumentasi. Dengan metode penulisan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa menurut perspektif fiqih muamalah bersandarkan kepada al-Qur’an dan Hadits yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Praktek pengupahan belah cungkil kelapa dengan sistem karungan ini diperbolehkan memakai karungan. Hanya saja sebaiknya menggunakan sistem timbangan karena sering terjadi gharar dalam akad ijarah dalam menggunakan sistem karungan ini. Karena gharar yang terjadi ini bisa terjadi pada kedua belah pihak yaitu pihak yang memberi upah dan menerima upah. Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Upah, Belah Cungkil Kelapa dengan Sistem Karungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:07
Last Modified: 16 Jun 2023 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71617

Actions (login required)

View Item View Item