Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEKANISME PENGANGKATAN PERANGKAT DESA BERDASARKAN PERATURAN BUPATI KABUPATEN ROKAN HULU NOMOR 28 TAHUN 2017 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA DI KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Di Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu)

YUSUF AJI PURNOMO, - (2023) MEKANISME PENGANGKATAN PERANGKAT DESA BERDASARKAN PERATURAN BUPATI KABUPATEN ROKAN HULU NOMOR 28 TAHUN 2017 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA DI KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Di Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUSUF AJI PURNOMO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yusuf Aji Purnomo: Mekanisme Pengangkatan Perangkat Desa Berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa Di Kabupaten Rokan Hulu (Studi Kasus Di Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu) Pengangkatan perangkat desa di Kabupaten Rokan Hulu sudah diatur Berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa Di Kabupaten Rokan Hulu. Akan tetapi masih belum sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan. seperti adanya hambatan atau masalah yang terjadi didalam mekanisme pengangkatan perangkat desa. yaitu kurangnya transparansi didalam melakukan penjaringan hasil pengangkatan perangkat desa, peraturan yang masi bersifat tidak tegas, dan kurangnya rasa keingin tahuan masyarakat untuk mengetahui pemerintahan desa. Dilihat dari latar belakang permasalahan diatas, maka perumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa di Kabupaten Rokan Hulu, dan apa hambatan pelaksanaan mekanisme pengangkatan perangkat desa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis. Data primer diperoleh langsung dari perangkat desa setempat yaitu pemerintahan desa. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen resmi, dan buku-buku yang terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara, dan analisis data dengan cara deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan cara observasi dan wawancara bahwa mekanisme pengangkatan perangkat desa di desa Tapung Jaya masih belum terlaksana sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Bupati Kabupaten Rokan Hulu Nomor 28 Tahun 2017, Hambatan pelaksanaan peraturan bupati tersebut kurangnya transparansi didalam melakukan penjaringan hasil pengangkatan perangkat desa, peraturan yang masi bersifat tidak tegas, dan kurangnya rasa keingin tahuan masyarakat untuk mengetahui pemerintahan desa, yang seharusnya meluluskan calon perangkat desa yang memiliki nilai paling tertinggi, memiliki sangsi dalam peraturan, dan mengikuti peraturan yang telah ditentukan dalam peraturan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:06
Last Modified: 16 Jun 2023 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71615

Actions (login required)

View Item View Item