Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PASAL 29 PERDA NOMOR 2 TAHUN 2017 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN ADMINISTRATIF DI KANTOR DESA TANJUNG DURIAN KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

RIFKY ARDIANSYAH HASIBUAN, - (2023) IMPLEMENTASI PASAL 29 PERDA NOMOR 2 TAHUN 2017 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN ADMINISTRATIF DI KANTOR DESA TANJUNG DURIAN KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIFKY ARDIANSYAH HASIBUAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rifky Ardiansyah Hasibuan (2023): Implementasi Pasal 29 Perda Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Administratif di Kantor Desa Tanjung Durian Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Perspektif Fiqih Siyasah Pelayanan publik merupakan tugas utama pemerintah dalam menjalankan pemerintahan. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Padang Lawas mengeluarkan Perda nomor 2 tahun 2017 tentang pelayanan publik. Permasalahan yang ada di Kantor Desa Tanjung Durian Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas ialah banyak keluhan masyarakat terhadap sistem pelayanan publik bidang administrasi yang lambat, berbelit-belit, tidak akurat dan disiplin kerja pegawai desa yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pasal 29 Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang pelayanan publik dalam pelayanan administratif, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pelayanan Publik, dan bagaimana perspektif fiqih siyasah terhadap implementasi Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang pelayanan publik di Desa Tanjung Durian Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mana berlokasi di Desa Tanjung Durian Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Sumber data yang digunakan sumber data primer yakni yang didapat lansung dari perangkat desa Tanjung Durian, dan data sekunder yakni data yang diperoleh melalui dokumen arsip kantor desa Tanjung Durian tentang kondisi geografis dan demografi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang menjelaskan sesuatu hal seperti apa adanya dengan situasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pasal 29 peraturan daerah Kabupaten Padang Lawas Nomor 2 Tahun 2017 oleh pemerintah desa Tanjung Durian dilakukan dengan cara: 1. Memberikan pengarahan kepada perangkat desa, 2. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, 3. Mengadakan pelatihan. Adapun faktor penghambat dari pelaksanaan Perturan Daerah Kabupaten Padang Lawas nomor 2 tahun 2017 tentang pelayanan publik pada pelayanan administratif di Kantor desa Tanjung Durian adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti penyediaan pelayanan online, komputer dan jaringan internet. Faktor lain seperti tingkat pendidikan yang rendah, faktor ekonomi, sistem informasi yang belum memadai dan tidak adanya evaluasi serta pengawasan dari Pemeritah Daerah Kabupaten. Tinjauan fiqih siyasah yang berkaitan dengan masalah ini adalah siyasah idariyah yang mana didapatkan hasil yang belum sesuai karena dalam pelayanan masih terkesan lambat sehingga belum sesuai dengan prinsip kesederhanaan dan kemudahan dalam siyasah idariyah. Kata Kunci: Administrasi, Implementasi, Pelayanan, Publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:05
Last Modified: 16 Jun 2023 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71614

Actions (login required)

View Item View Item