Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSAKSI JUAL BELI SEPATU BEKAS DI TOKO SEPATU GERAI PAK CIK DENGAN SISTEM KARUNGAN DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH DI JALAN SUMATERA SIMPANG EMPAT KOTA PEKANBARU

AHMAD KHAMSYI, - (2023) TRANSAKSI JUAL BELI SEPATU BEKAS DI TOKO SEPATU GERAI PAK CIK DENGAN SISTEM KARUNGAN DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH DI JALAN SUMATERA SIMPANG EMPAT KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD KHAMSYI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Khamsyi, 2023: “Tranksaksi Jual Beli Sepatu Bekas Di Toko Sepatu Pak Cik Dengan Sistem Karungan Dalam Perspektif Fiqh Muamalah Di Jalan Sumatra Simpang Empat Kota Pekanbaru” Judul Penelitian ini penulis angkat karena persepsi pelanggan Toko Sepatu Pak Cik mengenai praktik jual beli Sepatu Bekas ( Second ) yang masih sangat awam mengenai boleh tidaknya dalam hal jual beli ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Jual Beli Sepatu Bekas ditoko Sepatu Pak Cik Kota Pekanbaru, Bagaimana Persepsi pelanggan Toko Sepatu Pak Cik Terhadap Jual Beli Sepatu Bekas dikota Pekanbaru dan Bagaimana Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Persepsi Pelanggan Toko Pak Cik Mengenai Jual Beli Sepatu Bekas Di Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode kualitatif (field research) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam latar belakang keadaan yang terjadi dan interaksi antara unit-unit sosial yang bersifat apa adanya, individu, kelompok, serta para pelanggan Toko Pak Cik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari 7 orang dari toko, 7 orang dari pelanggan Toko Sepatu Pak Cik Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive Sampling. sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan Dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang penulis tulis adalah dalam pelaksanaan jual beli Sepatu Bekas ini jika ditinjau berdasarkan objek akadnya secara per Bal nya maka terdapat hukumnya Ghairu Shahih, karena tidak bisa melihat secara jelas bagaimana isi di dalamnya. Namun, jika pelanggan Toko membeli Sepatunya secara Eceran atau satu persatu, maka hukumnya dibolehkan karena akadnya jelas dan di bolehkan melihatnya dulu sebelum di beli. Mengenai perspesi pelanggan Toko Pak Cik ternyata dalam hal jual beli Sepatu Bekas ini masih sangat awan dikarenakan kurangnya pengetahuan pelanggan tentang sah tidaknya jual beli ini dalam Islam. Mengenai Tinjauan Fiqih Muamalah tentang Jual beli Sepatu Bekas ini yaitu transaksi jual beli tersebut dilarang jika membelinya itu per Bal, dan dibolehkan jika membelinya itu satu persatu atau eceran karena bisa melihat langsung barang yang akan di beli. Kata Kunci: Jual Beli, Sepatu Bekas ( Second ), Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:41
Last Modified: 14 Jun 2023 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71594

Actions (login required)

View Item View Item