Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS POTENSI DAN PELUANG USAHA PUPUK TANI PADA BUMDES DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

TRI HABIBULLAH, - (2023) ANALISIS POTENSI DAN PELUANG USAHA PUPUK TANI PADA BUMDES DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Habibullah (2023): Analisis Potensi dan Peluang Usaha Pupuk Tani Pada BUMDes Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar Menurut Perspektif Ekonomi Penelitian ini dilatar belakangi oleh BUMDes Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu yang telah melalui pasang surut usaha, sempat vakum dan kemudian aktif kembali ditahun 2018 dan telah mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Desa (PAD) ke kas desa dari hasil usaha yang dijalankan oleh unit-unit usahanya. Serta mampu memberdayakan masyarakat desa dalam menjalankan pengelolaan dan aktivitas ekonomi di BUMDes Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berlokasi di BUMDes Tunas Harapan Desa Tanjung. Penelitian ini mengumpulkan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah petani dan petugas BUMDes. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Potensi dan peluang usaha pupuk tani di BUMDes Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar dilihat dari aspek kekuatan (strength) bahwa BUMDes Desa Tanjung didirikan dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar dan melihat potensi perkebunan yang ada di Desa Tanjung sehingga BUMDes Desa Tanjung menjual pupuk demi kebutuhan para pepetani yang memiliki perkebunan. Pada sektor kelemahan (weakness) yaitu di BUMDes Desa Tanjung belum adanya pinjaman modal, BUMDes masih memiliki modal terbatas dan kurangnya informatif petugsa. Pada sektor peluang (opportunities), dimana BUMDes Desa Tanjung memiliki regulasi petugas dan petani cukup baik, petani mampu berinovasi dengan kehadiran BUMDes, petani berinovasi dengan petani lainnya. Pada sektor ancaman (threat) bahwa BUMDes Desa Tanjung memiliki pesaing dari koperasi swasta, produk yang dijual hanya pupuk, dan BUMDes butuh petugas yang memiliki kompetensi yang baik. 2) Pandangan perspekstif ekonomi syariah terhadap usaha pupuk tani pada BUMDes Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar dapat disimpulkan sudah sesuai Syariat Islam dimana dalam kegiatan transaksi melibatkan dua orang atau lebih dan ada akad dalam proses jual beli. Kemudian tidak ada sistem bunga dalam proses jual beli pupuk tani di BUMDes Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Kata Kunci: Potensi dan Peluang, Usaha Pupuk, BUMDes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:10
Last Modified: 13 Jun 2023 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71569

Actions (login required)

View Item View Item