Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTEK PENGUNDUHAN FILM SECARA TIDAK SAH MELALUI APLIKASI/WEBSITE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU)

NADA AFRA RAHMADANI, - (2023) PRAKTEK PENGUNDUHAN FILM SECARA TIDAK SAH MELALUI APLIKASI/WEBSITE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADA AFRA RAHMADANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nada Afra Rahmadani, 2023 : Praktek Pengunduhan Film Secara Tidak Sah Melalui Aplikasi/Website Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan yakni praktek pengunduhan film yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa hukum ekonomi syariah, yang dalam praktek tersebut terjadi hal yang keliru dari yang semestinya. Dimana yang seharusnya menonton melalui aplikasi atau website yang sah, tetapi mahasiswa menggunakan aplikasi atau website yang tidak sah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek pengunduhan film yang dilakukan oleh mahasiswa hukum ekonomi syariah (muamalah), lalu apa faktor yang membuat mahasiswa jurusan hukum ekonomi syariah (muamalah) melakukan praktek pengunduhan film secara tidak sah melalui aplikasi/website, bagaimana perspektif hukum ekonomi syariah terhadap praktek pengunduhan film secara tidak sah melalui aplikasi/website, serta hukum praktek pengunduhan film secara tidak sah berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi pada mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 mahasiswa dimana metode yang digunakan penulis dalam pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun metode penulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam mengunduh film secara tidak sah melalui aplikasi ataupun website dalam hal ini tanpa izin dari pemilik hak cipta dilarang dalam hukum ekonomi Islam/Fiqh Muamalah karena dianggap mengambil karya orang lain yang dari hasil pemikiran orang lain tersebut dapat menghasilkan nilai maupun finansial yang bisa didapatkan, dan dapat menimbulkan kerugian untuk diri sendiri, atau disebut juga Dharar. Lalu, hukum hak cipta terhadap pengunduhan film gratis di internet yaitu tidak dibenarkan dan melanggar UU Hak Cipta. Hak Cipta merupakan hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pasal 1 ayat (1) UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014. Hak Cipta merupakan hak eksklusif yang terdiri atas hak moral dan hak ekonomi. Kata Kunci : Hak Cipta, Hak Milik, Mahasiswa Muamalah Fakultas Syariah dan Hukum, Praktek Pengunduhan Film.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:41
Last Modified: 13 Jun 2023 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71560

Actions (login required)

View Item View Item