Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE DAKWAH POS DA’I ( PERSAUDARAAN DA’I INDONESIA) DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH BERBASIS MASYARAKAT PADA DAERAH TERPENCIL DI PULAU RUPAT UTARA

Aan Sagita, Aan (2023) METODE DAKWAH POS DA’I ( PERSAUDARAAN DA’I INDONESIA) DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH BERBASIS MASYARAKAT PADA DAERAH TERPENCIL DI PULAU RUPAT UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKIRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

Pos Dai Riau adalah Gerakan swadaya untuk mendukung program pengembangan kapasitas dan kuantitas dai, terutama untuk memenuhi kebutuhan dai yang siap untuk melakukan dakwah di daerah terpencil, tertinggal, terpencil, dan minoritas. Selain itu, hanya ada sedikit Da'i di daerah terpencil di Pulau Rupat Utara, dan dari populasi mereka, hanya 30% Muslim dan 70% non-muslim. Oleh karena itu, Metode dakwah Pos Dai yang efektif diperlukan untuk mengembangkan dakwah yang berbasis masyarakat di daerah terpencil di Pulau Rupat Utara.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Metode Dakwah Pos Dai (Persaudaraan Da’i Indonesia) Dalam Pengembangan Dakwah Berbasis Mayarakat Pada Daerah Terpencil di Pulau Rupat Utara. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi , wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Metode dakwah yang di terapkan Pos Da’i Riau. Adanya Metode Pendidikan , Sosial dan Budaya dan ada tiga metode Al-Quran yang pertama , Metode Dakwah Bil – Hikmah yang dilakukan dengan mengutamakan pendekatan persuasif kepada masyarakat. Metode dakwah Mauizatil Hasanah yang dilakukan dengan memberikan nasehat yang baik, pembinaan. Implementasi metode tersebut yaitu pos dai berdirinya pesantren sekolah dai untuk membina para dai, mualaf dan masyarakat muslim di pedalaman. Mujadalah Billati Hiya Ahsan yang dilakukan dengan oleh Pos dai dengan menerapkan dakwahnya melalui bentuk diskusi dan dialog dengan masyarakat yang masih awam. Selain itu, Lembaga Pos Dai juga berkonsentrasi pada pengkaderan Da'i mereka agar mereka dapat berdakwah di pedalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah, Pengembangan, Pos Dai
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:51
Last Modified: 13 Jun 2023 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71557

Actions (login required)

View Item View Item