Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA KEPADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPN 6 SIAK HULU KAMPAR)

M. IDRIS NASUTION, - (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA KEPADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPN 6 SIAK HULU KAMPAR). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK M Idris Nasution, (2023) : Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Kepada Peserta Didik (Studi Kasus Di SMPN 6 Siak Hulu Kampar) Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya sekolah yang muridnya hampir sama persentase antara peserta didik yang muslim dengan peserta didik yang non muslim, sehingga sangat rentan terjadi pengkotak-kotakan antara peserta didik yang muslim dengan peserta didik yang non muslim, penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di sekolah SMPN 6 Siak Hulu Kampar dengan jumlah responden 6 orang, terdiri dari tiga orang Guru Agama Islam, satu Orang Guru Non Muslim, satu orang peserta didik yang muslim dan satu orang peserta didik yang non muslim, tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, maka kesimpulan mengenai Implementasi Nilai-Nilai moderasi beragama kepada peserta didik yaitu dengan pembiasaan, membimbing, pengayoman, tanggung jawab, perwujudan nilai-nilai moderasi beragama peserta didik SMPN 6 Siak Hulu Kampar dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang bersikap toleransi, adil dan seimbang, demokratis, bebas berpendapat, mengembangkan kemaslahatan ummat, mengedepankan rasa ukhwah, dan sikap transparansi, Faktor pendukung implementasi nilai nilai moderasi beragama kepada peserta didik di SMPN 6 Siak Hulu Kampar adalah ketersedianya akses untuk belajar, disediakan kitab-kitab bacaan sesuai dengan keyakinan mereka di perpustakaan, terdapat tempat ibadah mereka disekitar sekolah, Penyebab terhambatnya implementasi nilai-nilai moderasi beragama antara lain adalah keterbatasan media pembelajaran, faktor waktu serta kesenjangan antara lingkungan keluarga dan masyarakat diluar sekolah Kata Kunci : Implementasi , Nilai-Nilai, Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:05
Last Modified: 14 Jun 2023 05:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71519

Actions (login required)

View Item View Item