Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN PROVINSI RIAU DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI PERUBAHAN IKLIM

Ulya Fathiyah, Ulya (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN PROVINSI RIAU DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI PERUBAHAN IKLIM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan iklim berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat yang bisa mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia seperti kualitas dan kuantitas, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem. Dengan dampak yang sangat buruk akibat perubahan iklim, tentunya masyarakat membutuhkan informasi perubahan iklim. Penelitian ini dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi publik dalam menyampaikan informasi perubahan iklim. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lasswell dalam Hafied Canggara tentang Komponen-komponen strategi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memiliki lima orang informan yang sangat kompenten dan Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki strategi komunikasi publik dalam menyampaikan informasi perubahan iklim dengan melakukan beberapa program yaitu sosialisasi adaptasi (penyesuaian) dan mitigasi (pengurangan) perubahan iklim dan program kampung iklim, yang mana program ini bisa membantu publik dalam mengetahui informasi perubahan iklim di Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Publik, Informasi Perubahan Iklim
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:57
Last Modified: 12 Jun 2023 04:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71514

Actions (login required)

View Item View Item