Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN FONOLOGI DALAM PROSES DISKUSI KELOMPOK SISWA/I KELAS VII MTS THARIQUL HIDAYAH DESA DANAU BARU KECAMATAN RENGAT BARAT

RISKI YANTI ULFA, - (2023) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN FONOLOGI DALAM PROSES DISKUSI KELOMPOK SISWA/I KELAS VII MTS THARIQUL HIDAYAH DESA DANAU BARU KECAMATAN RENGAT BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RISKI YANTI ULFA (2023) : ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN FONOLOGI DALAM PROSES DISKUSI KELOMPOK SISWA/I KELAS VII MTS THARIQUL HIDAYAH DESA DANAU BARU KECAMATAN RENGAT BARAT Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada tataran fonologi serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi dalam proses diskusi kelompok siswa-siswi kelas Vll MTs Thariqul Hidayah Desa Danau Baru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket (kuesioner). Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik analisis data kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data mengenai kesalahan fonologi dan teknik analisis data deskriptif dengan persentase yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi. Setelah data dianalisis, maka diperoleh 3 bentuk kesalahan pada pelafalan fonem yaitu : (1) Kesalahan dalam bentuk penghilangan fonem dengan jumlah 159 kesalahan (36,12%). (2) Kesalahan dalam bentuk penambahan fonem dengan jumlah 74 kesalahan (16,85%). (3) Kesalahan dalam bentuk perubahan fonem dengan jumlah 209 kesalahan (47,60). Selanjutnya, yang berkenaan dengan faktor penyebab kesalahan fonologi, dapat digambarkan bahwa faktor penyebab tertinggi kesalahan fonologi dalam proses diskusi yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas Vll MTs Thariqul Hidayah Desa Danau Baru adalah karena siswa terbiasa melafalkan kata yang tidak baku atau Kata yang salah dengan persentase sebesar 65,21%. Persentase ini yang tergolong “tinggi” karena berada antara 61%-80%. Kata kunci: kesalahan fonologi, proses diskusi kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:04
Last Modified: 09 Jun 2023 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71470

Actions (login required)

View Item View Item