Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 1 SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

FARAH FAUZIAH MAVIRA, - (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 1 SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Farah Fauziah Mavira, (2023): Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Peserta Didik di Kelas 1 SD Islam As-Shofa Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika pada peserta didik di kelas 1 SD Islam As-Shofa Pekanbaru melalui pendekatan realistic mathematic education. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya komunikasi matematika siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas 1B SD Islam As-Shofa Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum tindakan perbaikan masih rendah, diperoleh data bahwa 5 orang siswa atau 20% berada pada kategori baik, 11 orang siswa atau 44% pada kategori cukup dan 9 orang siswa atau 36% berada pada kategori kurang. Rata-rata yang diperoleh sebelum tindakan adalah 45. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pelajaran melalui pendekatan realistic mathematic education pada siklus I kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat, menjadi 7 orang siswa atau 28% berada pada kategori sangat baik, 6 orang siswa atau 24% berada pada kategori baik, 11 orang siswa atau 44% pada kategori cukup, dan 1 orang siswa atau 4% berada pada kategori kurang. Rata-rata yang diperoleh pada pelaksanaan siklus I adalah 69. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat, menjadi 18 orang siswa atau 72% berada pada kategori baik sekali, 5 orang siswa atau 20% berada pada kategori baik, dan 2 orang siswa atau 8% berada pada kategori cukup. Rata-rata yang diperoleh pada pelaksanaan siklus II adalah 83. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematic education dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika yang diterapkan melalui penggunaan konteks nyata, penggunaan instrumen vertikal, penggunaan hasil kerja siswa, interaktivitas dan keterkaitan. Pada penelitian ini indikator komunikasi matematika yang paling meningkat adalah menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika dan penggunaan simbol matematika untuk menyajikan ide. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Kemampuan Komunikasi Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:25
Last Modified: 08 Jun 2023 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71464

Actions (login required)

View Item View Item