ARINI AULIA PUTRI, - (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Arini Aulia Putri, (2023): Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa sebelum tindakan masih rendah yaitu hanya terdapat 2 siswa atau 7,14% pada kategori penalaran matematis baik, 14 siswa atau 50% pada kategori penalaran matematis cukup baik, dan 12 siswa atau 42,86% pada kategori penalaran matematis kurang. Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada sebelum tindakan adalah 52,68. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan pendekatan realistic mathematics education pada siklus I, kemampuan penalaran matematis siswa meningkat, menjadi 6 siswa atau 21,43% pada kategori penalaran matematis baik sekali, 8 siswa atau 28,57% pada kategori penalaran matematis baik, 8 siswa atau 28,57% pada kategori penalaran matematis cukup baik, dan 6 siswa atau 21,43% pada kategori penalaran matematis kurang. Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I adalah 65,63. Walaupun mengalami peningkatan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan, oleh sebab itu dilanjutkan ke siklus II yang mengalami peningkatan menjadi 17 siswa atau 60,71% pada kategori penalaran matematis baik sekali, 3 siswa atau 10,71% pada kategori penalaran matematis baik, 7 siswa atau 25% pada kategori cukup baik, dan 1 siswa atau 3,57% pada kategori penalaran matematis kurang. Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus II adalah 80,80. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics education dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan Penalaran Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:37 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71461 |
Actions (login required)
View Item |