Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI AL-IKHWAN PEKANBARU

Rani Angelina, Rani (2023) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode card sort pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa diantaranya siswa kurangnya pengucapan kata baku (lafal) dan siswa kurang mampu penempatan intonasi pengucapannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya metode card sort dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa metode card sort dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan keterampilan berbicara siswa hanya mencapai nilai rata-rata 41,57% dengan kategori”Kurang” karena berada pada rentang 30%-49%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 43,21% dengan kategori “Kurang” karena berada pada rentang 30%-49%, dan pada siklus II menjadi 75,92% dengan kategori”Baik” karena pada rentang 70%-89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al Ikhwan Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Keterampilan Berbicara
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:02
Last Modified: 07 Jun 2023 06:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71396

Actions (login required)

View Item View Item