Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN 115 PEKANBARU

Nadia Pransiska, Nadia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN 115 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa melalui model pembelajaran collaborative learning di kelas V SDN 115 Pekanbaru. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama di antaranya: siswa kurang berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif, siswa kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, siswa kurang menghormati pendapat orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 30 orang siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah model pembelajaran collaborative learning dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Collaborative Learning dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Hal ini terbukti dengan hasil sebelum tindakan dengan persentase 54,5% dengan kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, persentase kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 60,66% dengan kategori cukup, pada siklus II dengan persentase kemampuan kerjaasama siswa meningkat menjadi 87,75% dengan kategori baik. Dengan demikian, tingkat kemampuan kerjasama siswa mengalami peningkatan dari sebelum adanya tindakan hingga pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Collaborative Learning, Kemampuan Kerja Sama
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:04
Last Modified: 07 Jun 2023 06:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71395

Actions (login required)

View Item View Item