Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 PEKANBARU

RAHMATUL FILZA, - (2023) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmatul Filza, (2023) : Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Kelas V MIN 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode buzz group di kelas V MIN 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa karena masih banyak siswa yang belum mampu menyampaikan pesan dan berbagi informasi terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 23 orang siswa dan objeknya adalah metode buzz group dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode buzz group dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan komunikasi yang diperoleh siswa hanya mencapai nilai angka 52,39 atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata keterampilan komunikasi meningkat menjadi 66,96 atau berada pada kategori kurang, dan pada siklus II nilai rata-rata keterampilan komunikasi meningkat kembali hingga mencapai 78,37 atau sudah berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode buzz group dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V MIN 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Buzz Group, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:07
Last Modified: 07 Jun 2023 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71393

Actions (login required)

View Item View Item