Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Point Counterpoint untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru.

ANDRIANI APRILIANTY, - (2023) Penerapan Strategi Point Counterpoint untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (77MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andriani Aprilianty, (2023) : Penerapan Strategi Point Counterpoint untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran IPS kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 28 orang siswa kelas V, dan objeknya adalah penerapan strategi point counterpoint dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui strategi point counterpoint, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai 53,57 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 79,12 dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 85,26 dengan kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi point counterpoint dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran IPS kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Point Counterpoint, Keterampilan Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:11
Last Modified: 07 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71391

Actions (login required)

View Item View Item