Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PESERTA PROGRAM JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA BAGIAN PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH (BPU) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG PEKANBARU

MUFLIHUL FADHIL, - (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PESERTA PROGRAM JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA BAGIAN PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH (BPU) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Muflihul Fadhil (2023): PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PESERTA PROGRAM JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA BAGIAN PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH (BPU) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG PEKANBARU Penelitian ini dilatar belakangi oleh naik dan turunnya jumlah peserta yang mendaftar jika dibandingankan dengan jumlah peserta yang masih aktif pada tiap satu tahun yang bisa dilihat pada data lima tahun terakhir 2018 s.d Mei 2022 yang tidak menunjukkan perkembangan signifikan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan produk, pengaruh harga pengaruh kualitas produk dan harga serta tinjauan ekonomi syari’ah pada kualitas pelayanan produk dan harga terhadap kepuasan peserta program jaminan sosial tenaga kerja bagian pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) pada BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pekerja bukan penerima upah yang masih aktif pada tanggal 22 Mei 2022 sebanyak lebih kurang 12.754 peserta. Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Dengan pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Ver. 26.00 Hasil dari penelitian ini, Kualitas Pelayanan Produk berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t hitung X1 lebih besar dari pada t tabel. Yaitu nilai t hitung (2,720) lebih besar dari t tabel (1,984) diterima pada taraf signifikansi 5%. Harga berpengaruh positif terhadap kepuasan Peserta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t hitung X2 lebih besar dari t tabel. Yaitu nilai t hitung (12,702) lebih besar dari t tabel (1,984), diterima pada taraf signifikansi 5%. Kualitas pelayanan produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang menunjukkan hasil F Hitung sebesar (428,069) lebih besar dari F tabel sebesar (3,94) diterima pada taraf signifikansi 5%. Menurut tinjauan ekonomi syariah, BPJS Ketengakerjaan cabang pekanbaru belum sepenuhnya syariah, dikarenakan program JHT belum terimplementasinya Fatwa DSN MUI Nomor 147/DSN-MUI/XII/2021 dan masih terdapat gharar atau ketidakjelasan dalam pengembangan dananya. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Produk, Harga dan Kepuasan Peserta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:09
Last Modified: 05 Jun 2023 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71315

Actions (login required)

View Item View Item