Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS V SDIT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

DINDA ELIYA PUTRI, - (2023) PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS V SDIT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dinda Eliya Putri, (2023): Pendekatan Concrete-pictorial-abstract untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas V SDIT Al-izhar School Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika kelas V SDIT Al-izhar school pekanbaru melalui pendekatan concrete-pictorial-abstract. Penelitian ini merupaka penelitian tindak kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 29 orang siswa. objek penelitian ini adalah pendekatan concrete-pictorial abstract dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatifdengan presentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 1 orang siswa atau 5% berada pada kategori pemahaman baik sekali , 10 orang siswa atau 34% berada pada kategori pemahaman baik, dimana 1 orang siswa atau 5% berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan 17 orang siswa atau 58% berada pada kategori pemahaman kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan pendekatan concrete-pictorial-abstract pada siklus 1, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat, dimana 4 orang siswa atau 13% berada pada kategori pemahaman baik sekali, 14 orang siswa atau 48% berada pada kategori pemhaman baik, dan 11 orang siswa atau 38% berada pada kategori pemahaman kurang baik. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 6 orang siswa atau 20% berada pada kategori pemahaman baik sekali, 17 orang atau 58% berada pada kategori baik, dan 6 orang siswa atau 20% berada pada kategori kurang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan concrate-pictorial-abstrak dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V pada pelajaran matematika SDIT Al-izhar school pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan concrate-pictorial-abstrak, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:50
Last Modified: 05 Jun 2023 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71307

Actions (login required)

View Item View Item