Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS METODE MUBASYARAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 10. ALYAH DI MA’HAD AL ISHLAH, KAMPAR - RIAU.

ARNIN AGUNG, - (2023) EFEKTIVITAS METODE MUBASYARAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 10. ALYAH DI MA’HAD AL ISHLAH, KAMPAR - RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS ARNIN AGUNG.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arnin Agung, (2023) : Efektivitas Metode Mubasyarah Menggunakan Permainan bahsaa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 10. Alyah di Ma’had Al Ishlah, Kampar - Riau. Latar belakang peneltian ini adalah Santri kelas 10 Alyah kesulitan dalam berbicara bahsa arab di Ma’had Al Ishlah Al Islamy, Kampar - Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mubasyarah menggunakan permainan bahsaa untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan Hambatan dan dorongannya Kelas 10.A Alyah di Ma’had Al Ishlah Al Islamy, Kampar – Riau. Metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, ujian dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan Spss. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Efektifnya metode mubasyarah dalam meningkatkan keteampilan berbicara siswa dari nilai ujian pretest dan post test. Pernyataan ini dibuktikan dari hasil uji-t yaitu 11,81 dengan t hitung (to) lebih besar dari t tabel (tt) yaitu 2,06 < 11,81 > 2,80. Maka dari itu (Ha) alternatif diterima dan (Ho) nihil ditolak. Maka ini menunjukan bahwa pembelajaran kalam dengan menggunakan metode mubasyarah Efektif diugunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara. (2) Hambatan dan dorongan dalam berbicara bahasa arab sebagai berikut. Hambatanya adalah kurangnya kosakata, kurangnya praktek, dan sebagian dari apra guru tidak menetap. Adapun dorongannya adalah Lingkungan berbahasa arab, buku-buku berbahasa arab, para guru dan ustadz mampu berbahasa arab. Kata Kunci: Metode Mubasyarah, Keterampilan Berbicara, Permainan Bahasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:49
Last Modified: 05 Jun 2023 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71306

Actions (login required)

View Item View Item