Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN KEGIATAN WISATA RELIGI MAKAM SYEKH ABDURRAHMAN SIDIQ AL-BANJARI KECAMATAN KUINDRA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

WHISNU KHAWIRIAN, - (2023) PENGELOLAAN KEGIATAN WISATA RELIGI MAKAM SYEKH ABDURRAHMAN SIDIQ AL-BANJARI KECAMATAN KUINDRA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
bab v.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab v.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi permasalahan sulitnya dalam melakukan kegiatan seperti melaksanakan haul akbar, isra’ miraj dan maulid nabi di karenakan listrik tidak hidup total dan pengelolaan kegiatan juga mengalami kesulitan menangani tamu yang hadir karena kurangnya pihak pengelola. Sehingga pihak pengelola menjadi kewalahan dalam melayani peziarah yang dating, perkembangannya suatu organisasi hendaknya bisa mengikuti perubahan alur yang ada baik di lingkungan internal maupun eksternal. Fleksibilitas tersebut menjadikan organisasi tidak menjadi kaku sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman demi keberlangsungan organisasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan masyarakat dilokasi objek wisata religi Makam Syekh Abdurrahman Sidiq Al-Banjari Kecamatan Kuindra Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Subjek penelitian ini adalah Makam Syekh Abdurrahman Sidiq Al-Banjari Kecamatan Kuindra. Objek penelitian ini adalah Pengelolaan Kegiatan Wisata Religi Makam Syekh Abdurrahman Sidiq melalui Organizing, Actuating, Controling, Planing. Data di kumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta di analisis melalui metode deskriptif kualitatif. Peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan kegiatan wisata religi makam Syekh Abdurrahman Sidiq Kecamatan Kuindra yaitu, Pertama, pengelolaan wisata religi melalui organizing yaitu yang berperan di dalamnya hanya keturunan dari Syekh Abdurrahman Sidiq. Kedua, pengelolaan kegiatan wisata religi makam Syekh Abdurrahman melalui pelaksanaan, kegiatan yang biasa di lakukan diantaranya Haul yang rutin di adakan setiap tahun nya pada tanggal 4 sya’ban 1 bulan sebelum bulan Ramadhan. Ketiga, pengelolaan kegiatan wisata religi melalui pengendalian, menerapkan aturan-aturan ataupun tata krama yang di tetapkan oleh pihak pengelola untuk perkunjung. Keempat, Pengelolaan Kegiatan Wisata Religi Makam Syekh Abdurrahman melalui perencanaan-perencanan yang di lakukan oleh pihak pengelola objek wisata ini telah menyeluruh dari segi infrastruktur maupun pendidikan dan melakukan kerja sama dengan dinas pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:28
Last Modified: 05 Jun 2023 08:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71303

Actions (login required)

View Item View Item