Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN LUBUK BATU JAYA DAN PASIR PENYU

Zurohma Hasna Rohillah, Zurohma (2023) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN LUBUK BATU JAYA DAN PASIR PENYU. Thesis thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (TESIS GABUNGAN)
TESIS GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan demokratis dan supervisi klinis terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lubuk Batu Jaya dan Pasir Penyu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda didukung oleh program Statistical Product and Service Sollution 26 of Windows (SPSS 26 of Windows). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 35 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefesien korelasi sebesar 0,698 > 0,349 dan Signifikansi 0,000 < 0,05. Supervisi klinis kepala madrsah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,713 > 0,349 dan Signifikansi 0,000 < 0,05. Kepemimpinan demokratis dan supervisi klinis kepala madrasah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru diperoleh nilai R (rhitung) Square sebesar 0,774 > 0,349 (rtabel) dengan kategori korelasi kuat. Kemudian diperoleh R Square sebesar 0,599 yang berarti bahwa pengaruh kepemimpinan demokratis (X1) dan supervisi klinis kepala madrasah (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 59,9% dan 41,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil persamaan regresi menunjukkan prediksi nilai variabel Kinerja Guru (Y) apabila Kepemimpinan Demokratis dan Supervisi Klinis Kepala Madrasah ditingkatkan sampai nilai optimal, maka Kinerja Guru menjadi 51,245.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Demokratis, Supervisi Klinis, Kinerja Guru.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:22
Last Modified: 05 Jun 2023 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71299

Actions (login required)

View Item View Item