Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Usaha Jasa Joki Tugas Perkuliahan Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah)”

Aulia Hesty Perdana Sari, - (2023) “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Usaha Jasa Joki Tugas Perkuliahan Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aulia Hesty Perdana Sari, (2023): “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Usaha Jasa Joki Tugas Perkuliahan Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah)” Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh mahasiswa yang menggunakan jasa joki tugas perkuliahan dikalangan mahasiswa, perjokian ini terjadi dikarenakan permintaan dari mahasiswa yang melakukan tindakan kecurangan akademik, dan penjoki yang membantu mahasiswa dalam tindakan kecurangan tersebut. Tindakan yang dilakukan joki merupakan tolong menolong dalam hal keburukan dan termasuk kedalam penipuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana urgensi jasa joki tugas bagi mahasiswa. Bagaimana faktor penyebab mahasiswa menggunakan jasa joki tugas di kalangan mahasiswa. dan Bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap usaha jasa joki tugas dikalangan mahasiswa. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi mahasiswa menggunakan jasa joki. Untuk mengetahui faktor dan penyebab mahasiswa menggunakan jasa joki tugas di kalangan mahasiswa. dan Untuk mengetahui tinjauan fiqih muamalah terhadap usaha jasa joki tugas di kalangan mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 551 mahasiswa aktif jurusan Hukum Ekonomi Syariah, dan untuk mempermudah peneliti memperoleh data maka terdapat 10 orang pengguna jasa tugas dan 4 orang penyedia jasa tugas, dengan menggunakan teknik “purposive sampling”. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode penulisan menggunakan metode deduktif. Pelaksanaan sistem jasa joki tugas perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswa dan jasa joki tersebut mengandung unsur kecurangan dan plagiasme, yang disebabkan akan mengurangi kemampuan berpotensi mahasiswa itu sendiri dalam berfikir. Jika ditinjau dari Fiqih Muamalah, hal ini dapat merusak nilai akad walaupun tidak membatalkan tetapi akan merugikan dan mengurangi kinerja berfikir mahasiswa. Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Ijarah, Jasa Joki Tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 May 2023 07:14
Last Modified: 31 May 2023 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71212

Actions (login required)

View Item View Item