Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

SOFIARTI ANDRIANI, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SOFIARTI ANDRIANI 2023 LENGKAP.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik SMPN 23 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul dengan menggunakan sigil software untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi relasi dan fungsi yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 23 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah E-Modul dengan menggunakan sigil software untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, lembar validasi untuk ahli teknologi, angket respon peserta didik, dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul dengan menggunakan sigil software untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,21%) dan sangat praktis (88,5%). Selanjutnya untuk efektivitas E-Modul, berdasarkan pada perhitungan uji mann whitney U menyatakan bahwa sehingga ditolak, maka diterima. Artinya dari uji yang telah dilakukan peneliti maka penggunaan E-Modul dengan menggunakan sigil software pada kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa EModul yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 May 2023 04:39
Last Modified: 30 May 2023 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71180

Actions (login required)

View Item View Item