Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS

Wahyuni Amin, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYUNI AMIN.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul dengan menggunakan sigil software untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi koordinat kartesius. Penelitian ini dilakukan di SMPN 23 Pekanbaru. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli materi pembelajaran, ahli teknologi pendidikan, ahli bahasa yang berasal dari dosen dan guru matematika, serta siswa kelas VIII SMPN 23 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah E-Modul dengan menggunakan sigil software untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi koordinat kartesius. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan teknik tes menggunakan angket validitas, praktikalitas, serta soal posttest. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, dan uji statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul dengan menggunakan sigil software dinyatakan sangat valid dengan tingkat validitas 0,85. Sementara berdasarkan hasil uji praktikalitas, diperoleh bahwa E-Modul dengan menggunakan sigil software dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 83% yang telah diberikan kekelompok kecil. Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat dinyatakan E-Modul efektif. Berdasarkan data yang telah dipaparkan, diidentifikasi bahwa E-Modul dengan menggunakan sigil software yang dikembangkan ini telah valid, praktis, dan efektif. Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Sigil Software, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Koordinat Kartesius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 May 2023 04:40
Last Modified: 30 May 2023 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71173

Actions (login required)

View Item View Item